Sequence Diagram
Josua Siregar_11321012_D3TI
Sequence Diagram
Interaction diagram
Serangkaian diagram yang menggambarkan perilaku dinamis dari berorientasi objek sistem. Satu set pesan yang dipertukarkan di antara satu set objek dalam konteks untuk mencapai suatu tujuan. Sering digunakan untuk memodelkan cara usecase direalisasikan melalui urutan pesan antar objek.
Tujuan dari diagram Interaksi adalah untuk:
- Model interaksi antar objek
- Membantu dalam memahami bagaimana sebuah sistem (usecase) benar-benar bekerja
- Verifikasi bahwa deskripsi usecase dapat didukung oleh yang ada kelas
- Mengidentifikasi tanggung jawab/operasi dan menugaskannya ke kelas
UML Diagram Kolaborasi
Menekankan hubungan struktural antar objek diagram urutan subjek subjek ini
Alat untuk Diagram Urutan
- Star UML
- Draw.IO (Konsep MVC menggunakan model, penampil dan simbol pengontrol di alat ini)
Pandangan Pertama pada Diagram Urutan
Menggambarkan bagaimana objek berinteraksi satu sama lain. Menekankan urutan waktu pesan. Dapat memodelkan aliran sekuensial sederhana, percabangan, iterasi, rekursi dan konkurensi. Mereka fokus pada urutan pesan, yaitu, bagaimana pesan dikirim dan diterima antara sejumlah objek.
Diagram urutan memiliki dua sumbu sumbu vertikal menunjukkan waktu dan sumbu horizontal menunjukkan satu set objek. Diagram urutan juga mengungkapkan interaksi untuk sebuah skenario spesifik — interaksi spesifik antara benda-benda yang terjadi pada suatu waktu selama eksekusi sistem (misalnya, ketika fungsi tertentu digunakan).
Sequence Diagram
Penamaan objek:
sintaks: [instanceName][:className] beri nama kelas secara konsisten dengan kelas anda diagram (kelas yang sama). Sertakan nama instance saat objek berada dirujuk dalam pesan atau ketika beberapa objek dari jenis yang sama ada di diagram.
Life-Line mewakili kehidupan objek selama interaksi.
Notation
An Object:
■ Participates in a sequence by sending and/or receiving messages
■ Are placed across the top of the diagram
A Lifeline:
■ Denotes the life of an object during a sequence
■ Contains an “X” at the point at which the class no longer interacts
An Execution Occurrence:
■ Is a long narrow rectangle placed atop a lifeline
■ Denotes when an object is sending or receiving messages
A Message:
■ Conveys information from one object to another one
■ An operation call is labeled with the message being sent and a solid arrow, while a return is labeled with the value being returned and shown as a dashed arrow
Object Destruction:
■ An X is placed at the end of an object’s lifeline to show that it is going out of existence
A Frame:
■ Indicates the context of the sequence diagram
Message
Interaksi antara dua objek dilakukan sebagai pesan dikirim dari satu objek ke objek lain (panggilan operasi sederhana, Sinyal, RPC) Jika objek obj1 mengirim pesan ke objek lain obj2 beberapa tautan harus ada di antara dua objek itu (ketergantungan, sama benda) Sebuah pesan diwakili oleh panah di antara kehidupan garis dua benda. Panggilan sendiri juga diperbolehkan Waktu yang dibutuhkan oleh objek penerima untuk memproses pesan dilambangkan dengan kotak aktivasi. Pesan diberi label minimal dengan nama pesan. Argumen dan informasi kontrol (kondisi, iterasi) dapat dimasukkan.
Another symbol: Return Value
Opsional ditunjukkan menggunakan panah putus-putus dengan label yang menunjukkan nilai kembali. Jangan memodelkan nilai pengembalian ketika sudah jelas apa yang sedang terjadi dikembalikan, mis. dapatkanTotal() Modelkan nilai kembalian hanya jika Anda perlu merujuknya di tempat lain, mis. sebagai parameter yang diteruskan dalam pesan lain. Lebih suka memodelkan nilai pengembalian sebagai bagian dari pemanggilan metode, misalnya oke = valid()
Type of message: Synchronous Messages
Aliran kontrol bersarang, biasanya diimplementasikan sebagai panggilan operasi. Rutinitas yang menangani pesan selesai sebelum penelepon melanjutkan eksekusi.
Type of message: Asynchronous Messages
Pesan asinkron (biasanya panggilan operasi) ditampilkan sebagai solid garis dengan panah yang diisi. Ini adalah panggilan pesan biasa yang digunakan untuk normal komunikasi antara pengirim dan penerima.
Type of message: Object Creation
An object may create another object via a <<create
Selected, most common operators: alternative (alt)
Komentar
Posting Komentar